Halaman

Nikmatnya makan dengan tangan

0 komentar




Tangan Kanan Pake Makan
Oeleh: Taofiq Aku
Assalamualaikum wr wb.
Puji syukur buat allah swt, rob semesta alam. Sholawat beruntaikan salam selalu tercurahkan kepada nabiullah Muhammad saw. Tak lupa sanjungan kepada para sahabat para kholifah, tabiin, serta sholikhin.

Jika kita kaji, sadar atau tidak bahwa seluruh makhluh yang memiliki nyawa membutuhkan makan. Manusia, binatang, tumbuhan, semua butuh tenaga yang dihasilkan dari makanan. Makanan memiliki peran penting buat keberlangsungan hidup suatu makhluk. Tidak asal makan, namun setiap tindakan memiliki adabnya, tak beda dengan makan dan minum. Rosul dan sahabat telah mencontohkan buat kita. Namun yang disayangkan bahwa apa yang diajarkan dan dicontohkan rosul banyak kita lupakan. Rosul mengajarkan dan melarang melakukan suatu tindakan perilaku semua karena ada alasan yang memang hal itu baik untuk dilakukan atau buruk akibatnya buat kita. Sungguh mulia Rosul kita. Contoh kecil, Rosul menyuruh kita  makan menggunakan tangan kanan.

Disebutkan dalam  riwayat ada seorang laki-lakimakan di samping Rosulullahdengan tangan kirinya. Lalu Rosulullah bersabda, “makanlah dengan tangan kananmu!.” Dia menjawab ; “aku tidak bisa.” Beliau bersabda “benarkah kamu tidak bisa?” dia menolaknya karena sombong. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ketangannya. (HR. Muslim 2021).

Dalam hadis yang mutafaqun alaih, yang artinya: “wahai anak sebutlah nama Allah dan makanlah dengan dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada dihadapanmu” (HR. Bukhori 5376)
Dalam sahih muslim disebutkan sebuah riwayat “jika seseorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia makan menggunakan tangan kanannya. Jika dia minum, hendaknya menggunakan tangan kanan, karena setan makan menggunakan tangan kirinya dan minum menggunakan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim 2020).

Dari beberapa hadis yang terurai diatas jelas disebutkan bahwa makan menggunakan tangan kanan adalah lebih utama. Hal ini disebutkan jika diantara saudara makan menggunakan tangan kirinya adalah sifat setan. Dengan menyebut nama Allah ssebelum makan dan minum adalah anjuran yang disampaikan dalam hadis bahwa menyebut nama Allah sebelum makan maka apa yang kita makan akan menjadi keberkahan buat tubuh. 

Setelah kita tahu bahwa dengan mengucap nama sebelum makan dan tangan kanan yang kita jadikan tumpuan buat makan seperti jabaran diatas lalu apa hukum makan menggunakan tangan kiri?

- Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger