Pidato informatif adalah pidato yang
tujuan utamanya untuk menyampaikan informasi, agar orang dapat
mengetahui,mengerti dan menerima tentang sesuatu yang diinformasikan.
Tujuan
utama pidato informatif adalah memberikan atau menyampaikan informasi kepada
pendengar akan sesuatu. Dalam pidato informative, seorang pembicara menerangkan
atau menjelaskan pendapatnya tentang suatu pokok persoalan agar public
mengetahuinya.
Ehninger, Monroe, dan
Gronbeck menyebutkan ada 3 macam pidato
informatif:
1. Oral reports ( laporan lisan)
2. Oral instruction ( pengajaran)
3. Informatif Lecture ( presentasi)
Apapun
jenisnya, pidato informative merupakan upaya untuk menanamkan pengertian.
Karena itu, pidato informative harus jelas, logis dan sistematis.
POKOK PEMBAHASAN PIDATO
INFORMATIF
1.
ISI PESAN
Dalam pidato informatif, seorang
pembicara harus menyajikan fakta-fakta yang berkaitan dengan informasi yang
disampaikan agar pendengar sungguh-sungguh memahami maksud dan tujuan
pembicara.
Dalam sebuah pidato yang berisi tentang suatu
informasi dapat dihidupkan dengan humor yang mendukung, asal tidak melupakan
tujuan utamanya yaitu memberikan informasi. Porsi humor dalam pidato jangan
melampaui batas atau dengan kata lain, humor lebih banyak daripada informasi
yang disampaikan. Jangan sampai diberi kesan bahwa pembicara tidak
sungguh-sungguh dalam menyampaikan informasi.
Supaya isi pesan mudah dipahami dan mudah diingat,
Ehninger menyarankan hal –hal
berikut :
1. Gagasan utama tidak terlalu banyak
2. Menjelaskan istilah – istilah yang aneh
dan kabur
3. Mengatur kecepatan menyajikan informasi
4. Menjelaskan perpindahan informasi
5. Menggunakan data kongkret- jaringan
abstrak
6. Menghubungkan hal yang tidak diketahui
dengan yang diketahui
7. Memasukkan bahan- bahan yang menarik
perhatian
Teknik Pengembangan
Bahasan dalam Pengantar
1. Menarik perhatian
2. Mengumumkan topik
Menyebutkan topic
secara langsung
3. Menegaskan relevansi
Yaitu dengan
menjelaskan mengapa anda memilih topik, menunjukkan bagaimana topic
mempengaruhi khalayak, memperlihatkan bagaimana khlayak dapat menggunakan
informasi, dan bagaimana khalayak dapat menarik keuntungan.
4. Membangun kredibilitas
Dengan cara menegaskan
siapa anda, menjelaskan alasan pribadi mengapa anda berbicara, menunjukkan
latar belakang yang relevan dengan topic, memperlihatkan pengetahuan dan
pengalaman dan seorang pembicara harus menampakkan semangat dalam suara dan
acara.
5. Menyusun pesan
Menyebutkan cakupan
materi yang akan dibahas, menunjukkan susunan pokok bahasan, dan menggunakan
perpindahan gagasan yang jelas.